Rabu, 06 Juni 2012

Beberapa Hal yang tidak perlu masuk CV

Saat melamar kerja, kita ingin memastikan CV kita berbeda dari yang lain, tapi bukan untuk alasan yang salah. Nah supaya CV kita tidak berakhir di tempat sampah, pastikan 5 (lima) hal berikut ini tidak terdapat dalam CV anda !
1. Objektif atau Tujuan
Memang ada masanya keika para pencari kerja merasa perlu menuliskan tujuan atau bayangan pekerjaan mereka. Ini memang bagus bagi para pencari kerja, tetapi membuang waktu perusahaan. karena mereka justru sedang mencari seseorang yang bisa memenuhi kriteria mereka. Anda boleh saja menuliskan objectif, tapi cukup save di komputer.
2. Informasi Pribadi
Tiada ada perlunya mencantumkan status pernikahan, selera seksual, jumlah anak, agama atau afiliasi politik dalam CV, jika kamu punya blog, boleh masukkan ke URL bila memang ada hubungannya dengan pekerjaan. Jangan masukkan nomor SIM - bisa CV anda ditolak, informasi pribadi anda bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
3. Gaji yang diinginkan
Diskusi gaji lebih baik dilakukan seiring dengan proses rekrutmen. Apabila anda memang diminta menuliskan rentang gaji yang diinginkan, tuliskan rentangnya selebar mungkin dari bersiaplah untuk negosiasi.
4. Pengalaman/kegiatan yang tidak berhubungan
Tiada tempat bagi pengalaman kerja anda yang tidak berhubungan, keanggortaan klub, atau hobby anda dalam CV.
5. Kelemahan
Dalam wawancara kerja, seringkali kita ditanya mengenai kelemahan kita. Tapi itu bukan berarti kita boleh lebih dahulu memberi tahu pihak perusahaan. Fokuslah pada kelebihan anda.

Selanjutnya ingatlah 5 (lima) hal penting ketika menulis CV :
- Jangan menggunakan CV yang sama untuk semua lamaran kerja
- Jangan lupa surat lamarannya
- Jangan sekedar mencantumkan posisi pekerjaan terdahulu
- Jangan sampai ada salah ketik
- Jangan membuat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar